16/01/2013

E-book "Transformasi Buku di Era Digital"



E-book (elektronic book / buku elektronik) tidak lain adalah buku sebagaimana umumnya. Ini adalah bukti adanya sebuah kemajuan dalam (media) dunia penulisan. Kita mengetahui dari buku - buku sejarah, ataupun dari para narasumber (termasuk orang tua dan kakek - nenek) bahwa pada zaman dahulu, manusia sudah melakukan penulisan diberbagai media. Dimulai dari penulisan dengan media dinding goa, kulit kayu, batu tulis atau prasasti, dengan daun - daunan, hingga dengan kertas. Bahkan pada suatu daerah tertentu, penulisan dilakukan dengan kain (contoh : kain sutera). Dengan teknik - teknik berbeda ini, sejarah dari masa kemasa dapat diketahui, walaupun tidak semua. Dan juga dari sistem inilah penyebaran ilmu pengetahuan dapat dilakukan.
 Kini, diera modern, kemajuan teknologi dan informasi telah berkembang pesat, dan menciptakan kemajuan penting dalam dunia perbukuan, dengan terciptanya e-book (elektronic book / buku elektronik). E-book merupakan cetakan buku dalam bentuk digital yang membutuhkan perangkat tertentu untuk menyimpan dan software untuk membaca. Pada awalnya, e-book merupakan digitalisasi dari buku cetakan manual yang telah ada. Kemudian di tahun 80-an, e-book mulai dikomersialisasikan.
Awal abad 21 merupakan puncak tertinggi dari daya komunikasi menggunakan e-book yang memiliki beragam manfaat; baik bagi pembaca, penulis maupun editor. Pada setiap harinya ada teknik baru yang dipakai untuk menyempurnakan pendistribusian e-book.

Inti kemajuan dalam kontribusi besar dari e-book adalah e-book mampu menawarkan pemeliharaan ilmu pengetahuan yang merupakan harta berharga dari generasi sebelumnya beserta warisan sejarah, budaya dan perwakilan identitas serta pemikiran dari peradaban sebelumnya dalam sejarah.

Jenis – Jenis e-book dan Software-nya.




 E-book sendiri memiliki beberapa tipe format, diantaranya :
1. Teks polos, merupakan format paling sederhana yang hampir bisa ditemukan disetiap Personal Computer. Software yang paling populer biasa digunakan untuk membuat format ini adalah Microsoft Word. 

 2. PDF, format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.Contoh software yang biasa digunakan adalah PDF Converter.

 3. JPEG, seperti halnya format gambar lainnya, format jpeg memliki ukuran yang besar dibandingkan, informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku yang banyak terdapat gambar. Contoh software yang biasa digunakan adalah Windows Viewer, Paint. 

4. LIT, format LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar divais mobil yang digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca. 

         Ada keunggulan utama dari file berformat .lit yang tidak dimiliki format file e-book lainnya, yakni fitur reading. Dengan fitur ini, anda dapat tiduran sambil mendengarkan e-book dibacakan oleh software. Sayangnya fitur ini diperuntukkan bagi e-book yang menggunakan bahasa inggris. Contoh software yang biasa digunakan adalah Calibre, Microsoft Reader, Convert LIT, Book Designer.

 5. HTML, Ebook / dokumentasi yang disusun dan disimpan dalam format HTML terkompresi, dapat berisi teks, gambar, dan hyperlink, dapat dilihat dalam browser Web, Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak. Contoh software yang biasa digunakan adalah xCHM, Softany WinCHM, PageNest.

 CATATAN: Beberapa file CHM dapat dibuka menggunakan browser Web, sementara yang lain hanya bisa dibuka dengan editor CHM atau program khusus CHM.

         6. Format Open Electronic Book Package, Format ini dikenal pula sebagai OPF FlipBook. OPF adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML (Extensible Markup Language) yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik dalam format ini dikenal saat FlipBooks sebagai piranti lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Contoh software yang bias digunakan adalah BatchXSLT for InDesign.
 Dan masih banyak lagi jenis jenis e-book lainnya, yang tidak disebutkan satu persatu disini.

Kelebihan dan kekurangan e-book.

KELEBIHAN

·         Jauh lebih praktis dan ringan.
·         Dapat  disimpan dalam waktu yang lama dengan sedikit kemungkinan mengalami kerusakan.
·         Dapat didistribusikan dengan cepat dan mudah, dengan memanfaatkan jaringan internet.
·         Format E-book kini dapat dibaca dengan mudah, dengan munculnya berbagai piranti portabel yang khusus dibuat untuk mempermudah proses membaca (E-book reader).
·         Keberadaan E-book akan mengurangi biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat buku tradisional, seperti kertas dan tinta.
·         E-book cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan buku tradisional.
·         Dapat dikomersilkan dan lebih murah.

KEKURANGAN
·         Ketergantungan akan sumberdaya listrik .
·         Piranti  pembaca yang masih mahal dan dapat rusak.
·         Rentannya dokumen-dokumen E-book terhadap aktivitas yang dilakukan pembaca.
·         Banyaknya program yang harus diingat, mengingat format yang ada semakin bertambah.
·         Masalah hak cipta.









Sumber :


No comments:

Post a Comment